Aneka Inspirasi Stimulasi Anak di Sekitar Kita

Stimulasi untuk anak-anak di usia dini bisa dilakukan dengan berbagai cara dan memanfaatkan bahan-bahan sederhana serta apa saja yang ada di sekitar kita. Dimulai dari kertas origami yang memiliki aneka warna, anak bisa dikenalkan pada macam-macam warna. Anak juga dapat diajari teknik melipat sederhana dan mereka merasa senang dengan apa yang telah dilakukan. Dengan kertas origami pula, anak dapat diajak menggambar berbagai pola bangun dasar lalu orang dewasa membantu untuk menggunting pola-pola tersebut. Selanjutnya, anak dapat bersenang-senang dengan mengoleskan lem pada pola-pola tadi lalu ditempel ke kelompok yang bersesuaian (klasifikasi bentuk). Aktivitas-aktivitas tadi bermanfaat untuk menstimulasi berbagai kemampuan anak dari motorik halus dan kasar, daya nalar, kreativitas, dan lain-lain.

Beralih ke badan kita sendiri, ide stimulasi untuk anak pun bisa datang. Anak-anak dapat mulai dikenalkan dengan diri sendiri, dimulai dengan mengenal anggota badan masing-masing. Tak hanya itu, dengan mengenal anggota badan, anak dapat mulai dikenalkan dengan Sang Pencipta. Dari sini dasar-dasar tauhid dapat mulai dimasukkan.

Banyak benda di sekitar kita yang juga bisa digunakan untuk menstimulasi kemampuan anak di usia dini. Sebutlah jepitan jemuran dan gelas. Untuk melatih kemampuan motoriknya, anak-anak sangat bersemangat diajak menjepitkan jepitan jemuran ke tali. Dengan gelas, anak dapat berlatih memasukkan benda-benda ke dalamnya dan mengeluarkan lagi. Pada kegiatan PAUD al-Mumtaz hari ini, benda yang dimasukkan ke gelas adalah bola warna-warni. Kedua aktivitas tadi juga dapat digunakan sebagai media memperkenalkan warna.

Bagi anak-anak yang lebih besar, aktivitas mewarnai gambar sudah dapat dilakukan dengan cukup baik. Terkait dengan aktivitas PAUD hari ini, disediakan kertas dengan bentuk bangun dasar. Anak-anak dipersilahkan mewarnainya dengan pastel yang telah dibawa.

Resume Kegiatan:

  1. Pembukaan
  2. Menempel bangun-bangun dasar yang telah dibawa dari rumah.
  3. Mengenal warna dari kertas-kertas origami.
  4. Belajar melipat sederhana dari kertas origami.
  5. Mengenal anggota badan.
  6. Kegiatan makan bersama.
  7. Memperkenalkan anak dengan jepitan jemuran
  8. Praktik menjepitkan jepitan jemuran ke tali.
  9. Mewarnai bangun dasar.
  10. Memasukkan bola ke dalam gelas.
  11. Muraja’ah surat al-Fatihah
  12. Doa penutup majelis.
  13. Menyimpulkan kegiatan.

Faedah:

  1. Mengenal warna dan bentuk
  2. Klasifikasi bentuk
  3. Melatih motorik kasar dan halus
  4. Mengenal anggota badan
  5. Pengenalan gender

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>