Al-Mumtaz: Back to School!

Alhamdulillah pekan ini kegiatan Al-Mumtaz dimulai lagi. Hal yang baru kali ini di lembaga PAUD Al-Mumtaz yaitu kegiatan yang diselenggarakan di hari kerja, bukan akhir pekan seperti biasanya. Benar, mulai pekan ini, kegiatan Al-Mumtaz akan dilaksanakan pada  yaitu pada hari Jumat. Waktu masuk sekolahpun dimulai lebih awal yaitu pukul 8.30 dan berakhir pukul 10.30. Selain itu, lokasi aktivitas PAUD Al-Mumtaz kini menggunakan lokasi yang tetap. Adapun para orangtua masih diperkenankan melihat aktivitas anak tetapi tidak lagi diperbolehkan mendampingi anak lagi selama kegiatan berlansung. Siswa-siswi Al-Mumtaz mulai dilatih untuk benar-benar beraktivitas sendiri bersama orang-orang di luar keluarganya.

Sebagai brainstorming, siswa diperkenalkan dengan gambar rumah beserta bagian-bagiannya. Siswa juga diajak menyebutkan benda-benda yang biasanya ada di dalam rumah. Selanjutnya, siswa diberi selembar kertas dan potongan origami paper berbentuk segitiga dan persegi panjang. Siswa dipersilakan merekatkan kertas-kertas tersebut sehingga membentuk rumah.

membangun rumah

Menempel membangun rumah (Dok. Al-Mumtaz)

Setelah jeda istirahat makan, para siswa kembali diajak melakukan berbagai aktivitas yang menstimulasi kemampuan motorik halus dan kognitif mereka sesuai kelompok-kelompok umur. Aktivitas-aktivitas tersebut antara lain:

1. Membuat mozaik
Masih mengikuti tema rumah, para siswa diminta menempelkan serpihan-serpihan kertas berbentuk segitiga di atas gambar rumah membentuk suatu mozaik.

mozaik2

Mozaik karya murid-murid lembaga PAUD Al-Mumtaz (Dok. Al-Mumtaz)

2. Menjahit huruf
Sebuah karton berbentuk huruf diberi lubang-lubang di sepanjang bidangnya. Masukkan dan keluarkan tali melalui lubang-lubang tersebut seperti menjahit.

menjahit

Menjahit Huruf (Dok. Al-Mumtaz)

3. Mengenal angka dan warna
Sediakan kartu-kartu bertuliskan angka dan beberapa jepit jemuran. Ajak siswa menggantungkan kartu-kartu tersebut ke tali jemuran. Gunakan jepitan jemuran sejumlah angka yang tertera pada kartu. Ajak pula paa siswa untuk menyebutkan warna-warna pada angka serta jepitan jemuran.

menjemur kartu angka

Menjemur Kartu Angka

Resume:
1. Pembukaan dan Brainstorming
2. Muroja’ah surat al-Fatihah dan an-Naas
3. Istirahat
4. Mozaik, menjahit, menjemur
5. Penutup

Foto-foto selengkapnya dari kegiatan hari ini dapat dilihat di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>