Kreativitas, Klasifikasi, dan Tanggung Jawab dalam Permainan Edukasi Balok

Alhamdulillah, hari Jum’at datang lagi, dan anak-anak Al Mumtaz sekolah lagi. Ternyata banyak dari mereka yang merasa senang bersekolah, berkumpul bersama teman-teman, belajar bersama Ibu Guru, bermain dengan tema permainan edukatif, dan lain sebagainya. Ini menjadi nikmat tersendiri bagi para ibu yang anak-anaknya tergabung di PAUD Al Mumtaz, alhamdulillaah.

Seperti hari ini, walaupun cukup banyak anak yang tidak hadir karena sakit (empat orang), namun anak-anak yang hadir tetap bersemangat mengikuti kegiatan bermain dan belajar.

Kegiatan pembukaan diawali dengan permainan melempar bola ke dalam wadah. Ibu Guru menyediakan dua buah wadah berisi gelas air mineral kosong. Di wadah pertama diletakkan tiga buah gelas kosong, dan wadah kedua diletakkan lima buah gelas kosong. Di sini anak-anak belajar menentukan mana yang banyak dan mana yang sedikit dengan cara melempar bola biru ke wadah yang isi gelasnya sedikit, dan melempar bola merah ke wadah yang isi gelasnya lebih banyak.

Pengenalan Definisi Banyak dan Sedikit pada Anak

Pengenalan Definisi Banyak dan Sedikit pada Anak Usia Dini

Kegiatan selanjutnya adalah olahraga untuk melatih motorik halus anak. Dalam salah satu gerakan olahraga, anak-anak diminta berjinjit sambil melompat-lompat kecil serta berjalan sambil berjinjit.

Setelah itu, anak-anak diperbolehkan menikmati bekal yang mereka bawa. Kemudian anak-anak berkumpul kembali bersama Ibu Guru untuk mengingat kembali pelajaran sebelumnya mengenai ‘Siapa Rabb-mu, apa agamamu, dan siapa nabimu?’. Ibu Guru bersama anak-anak juga melakukan muroja’ah surah An Naas yang dilanjutkan dengan materi pengenalan lingkungan sekolah, fungsi sekolah. Ibu Guru tidak lupa juga menunjukkan gambar sekolah.

Rangkaian kegiatan selanjutnya adalah kegiatan inti, yakni menyusun bangun dari berbagai bentuk balok yang telah disediakan. Anak-anak diposisikan di alas duduk masing-masing, lalu mereka berkreasi membentuk bangunan yang memanjang atau yang tinggi. Selain itu, Ibu Guru juga meminta anak-anak membuat bangun sekolah karya mereka sendiri. Setelah selesai membentuk bangunan beraneka rupa, mereka diminta kembali mengelompokkan balok-balok ke dalam wadah, sesuai dengan bentuk masing-masing.

Siswa Al-Mumtaz Berkreasi dengan Balok

Siswa Al-Mumtaz Berkreasi dengan Balok

Demikianlah kegiatan PAUD Al Mumtaz hari ini. Kegiatan ditutup dengan mengingat kembali kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan, dan anak-anak membaca doa kafaratul majlis. Semoga anak-anak Al Mumtaz yang sedang sakit segera diasembuhkan oleh Allaah Ta’aalaa sehingga pekan depan bisa ikut bermain dan belajar kembali bersama Al Mumtaz.

Resume Kegiatan:

  1. Pembukaan, melempar bola ke dalam wadah (definisi banyak dan sedikit), olahraga (motorik halus)
  2. Istirahat
  3. Ushuluts tsalatsah, muroja’ah surah An Naas
  4. Pengenalan lingkungan dan fungsi sekolah
  5. Kreasi balok
  6. Penutup

Foto-foto kegiatan hari ini selengkapnya dapat dilihat di Galeri Al-Mumtaz.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>