Memperkenalkan Ibadah Haji dan Qurban pada Anak

Pemberian pelajaran yang baik salah satunya adalah ketika pelajaran diberikan pada momen yang tepat. Bulan Dzulhijah merupakan momen yang baik untuk memperkenalkan berbagai amalan yang disyariatkan di bulan Dzulhijah, misalnya haji dan qurban. Pada kesempatan kali ini, tim Al-Mumtaz berinisiatif memperkenalkan ibadah haji dan qurban kepada para partisipan ciliknya disertai dengan praktik.

Diawali dengan kegiatan menyimak video tentang haji, para siswa memahami apa saja yang dilakukan ketika ibadah haji serta hal-hal yang diperbolehkan dan dilarang selama haji. Untuk mereview pemahaman tentang urutan ibadah haji, digunakan media “Hajj Sequence Card” yang berisi gambar-gambar urutan ibadah selama haji. Guru mengajak siswa menceritakan apa yang ada di dalam gambar.

Para siswa juga diajak untuk mempraktikkan ibadah haji seperti thawaf mengelilingi miniatur Ka’bah, sa’i, dan juga melempar jumrah. Shalat mengelilingi Ka’bah juga merupakan media untuk muroja’ah surah al-Fatihah. Untuk ibadah qurban, guru menceritakan kisah nabi Ibrahim dan memperkenalkan hewan-hewan yang bisa digunakan untuk berqurban.

Foto-foto kegiatan hari ini dapat dilihat di Galeri PAUD al-Mumtaz.

Hajj Sequence Card diambil dari Hajj Theme Pack di situs A Muslim Child is Born dan bisa di-download di sini.

Media Perkenalan Ibadah Haji untuk Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>