Perkenalkan Makanan Sehat Sejak Dini

Alhamdulillah, bertemu lagi di kelas stimulasi rutin al-Mumtaz. Kegiatan pagi ini dimulai dengan antusias. Setiap anak bersemangat mengikuti kegiatan pembuka, yaitu menulis huruf ‘b’ menggunakan jari yang dicelup ke cat (finger paint). Antusiasme positif ini terus berlanjut dengan kegiatan olahraga yang menarik, yaitu melompat dari/ke ketinggian tertentu untuk melatih kemampuan motorik kasar anak.

Selanjutnya, kelas al-Mumtaz dimulai dengan muroja’ah surah di al-Qur’an. Pada pertemuan-pertemuan yang lalu, para murid al-Mumtaz telah melakukan muroja’ah surah al-Fatihah dan an-Naas. Pada pertemuan kali ini, muroja’ah dilanjutkan ke surah baru, yaitu surah al-Falaq. Kelas kali ini juga diisi dengan story telling tentang sejarah kelahiran Rasulullah Muhammad shalallahu ‘alaihi wa salam.

Anak Melompat dari Ketinggian Tertentu (Dok. al-Mumtaz)

Anak Melompat dari Ketinggian Tertentu (Dok. al-Mumtaz)

Menuju aktivitas inti dari kegiatan hari ini yang bertema makanan, pengajar mengenalkan berbagai macam makanan dan minuman serta kegunaannya. Apa nama-nama makanan yang ditunjuk dalam gambar? Makanan yang bagaimanakah yang boleh atau tidak boleh dimakan?

Setelah diselingi dengan istirahat makan, di mana para murid juga semakin akrab dan bermain dengan serunya, aktivitas stimulasi bertema makanan kembali dilanjutkan. Terdapat tiga kegiatan stimulasi bertema makanan hari ini yang dilakukan oleh para murid al-Mumtaz, yaitu:

1. Sate Melon

  • Persiapan: Buah melon dipotong dadu, tusuk sate
  • Aktivitas: Ajak anak menusukkan beberapa potong melon ke tusuk sate
  • Manfaat: stimulasi motorik halus, mengenal makanan sehat (buah), warna, dan rasa

2. Stempel Sayur

  • Persiapan: Aneka sayur (dipotong dan dibentuk), cat air (homemade), kertas
  • Aktivitas: Ajak anak untuk membuat cap ke kertas menggunakan sayur yang telah dicelup ke cat seperti stempel
  • Manfaat: stimulasi kreativitas, mengenal makanan sehat (sayur) dan warna

3. Cooking Class

  • Persiapan: Adonan kue kering yang siap dibentuk (homemade), cetakan kue, loyang, margarin, tepung, dan oven
  • Aktivitas: Bagikan adonan secukupnya ke setiap anak. Ajak anak untuk membentuk kue kering sesuai kreativitas atau menggunakan cetakan. Selanjutnya, pengajar menyiapkan loyang yang telah dioles margarin dan tepung. Kemudian susun adonan-adonan yang telah dicetak untuk dipanggang.
  • Manfaat: stimulasi kreativitas, motorik kasar, motorik halus

Aktivitas yang menggunakan bahan-bahan yang dekat dengan kehidupan sehari-hari ternyata membuat anak-anak sangat antusias mengikuti kegiatan hingga akhir. Para orang tua pun senang melihat aktivitas anak-anaknya dan semoga semakin terinspirasi untuk menciptakan berbagai kegiatan untuk anak sehari-hari.

Resume:

  1. Sambutan selamat datang: finger paint
  2. Olah raga: melompat dari/ke ketinggian tertentu
  3. Pembukaan: muroja’ah surah al-Falaq, mengenal makanan-minuman, sirah nabawiyah
  4. Istirahat
  5. Estafet: Menusukkan melon ke tusuk sate, membuat stempel dari sayur, mencetak adonan kue kering
  6. Penutup

Foto-foto kegiatan hari ini bisa dilihat di Galeri Al-Mumtaz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>