Al-Mumtaz Goes to Universitas Indonesia

Alhamdulillah, setelah lama tak berkumpul dengan teman-teman al-Mumtaz karena sakit, admin dapat kembali bergabung dan beraktivitas bersama kembali. Yang seru dari kegiatan al-Mumtaz kali ini, kegiatan tidak dilakukan di basecamp melainkan di Boulevard Universitas Indonesia (UI)! Benar, peserta PAUD al-Mumtaz menyelenggarakan outing ke UI alias full aktivitas di luar ruangan. Senangnya, anak-anak pun lebih bersemangat dan mengikuti kegiatan dengan baik dari awal hingga akhir.

1. Letuskan balonnya!

Kegiatan diawali dengan cerita ibu guru tentang balon. Ada gambar balon warna-warni yang menjadi peraga awal kegiatan al-Mumtaz hari ini. Anak-anak belajar tentang warna dan angka dari cerita tersebut. Selanjutnya, ibu guru membagikan balon kepada setiap anak. Syaratnya, sebelum anak memperoleh balon, anak harus melompat beberapa kali. Pemanasan sekaligus melatih motorik anak, nih! Setelah memperoleh balon, anak dipersilahkan menusuk balon dengan tusuk sate sampai balon meletus. Bagaimana bunyinya? “Dor!” demikian anak-anak menirukan.

10816070_885382081479988_1862821108_n

2. Lomba lari dan pasangkan huruf

  • Persiapan: Siapkan botol-botol bertuliskan huruf jim, ha, dan kho (tiga botol untuk masing-masing huruf). Siapkan juga bendera bertuliskan huruf-huruf tersebut (tiga bendera untuk setiap huruf).
  • Aktivitas: Ajak tiga orang anak untuk setiap putaran lomba. Beri setiap anak bendera bertuliskan huruf jim, ha, dan kho. Arahkan anak-anak untuk berlari dan memasukkan bendera ke botol dengan huruf-huruf yang bersesuaian.

10815999_885382541479942_260980111_n

3. Pindahkan batu menggunakan sendok

  • Persiapan: Siapkan baskom, gelas plastik, sendok, dan batu-batu. Letakkan baskom dan gelas pada jarak tertentu (cukup jauh). Taruh batu-batu pada baskom.
  • Aktivitas: Tunjukkan pada anak cara mengambil batu menggunakan sendok dan berjalan ke arah gelas untuk meletakkan batu yang diambil. Semangati anak untuk mencoba sampai selesai.

pindah batu

4. Story telling kebun binatang

Aktivitas dilanjutkan dengan muroja’ah surah al-Falaq dan story telling tentang kebun binatang. Wah, ibu guru membawa buku cerita yang besar yang mengisahkan aktivitas para hewan di kebun binatang! Ada gajah, monyet, jerapah, kodok, singa, zebra, dan juga ular. Di sini anak-anak mengenal nama bermacam-macam hewan dengan perilakunya, suaranya, dan tentu saja rupanya.

Alhamdulillah, padat sekali ya aktivitas PAUD al-Mumtaz kali ini. Sekarang tiba waktunya beristirahat untuk menikmati bekal yang dibawa. Tak lupa anak-anak membaca doa sebelum makan. Anak-anak pun dipersilahkan makan dan juga bermain bebas hingga saatnya kembali berkumpul. Usai membaca doa setelah makan dan mereview kegiatan, kegiatan pun ditutup dengan membaca doa kafaratul majelis.

Resume:

  1. Pembukaan, melompat dan meletuskan balon
  2. Lomba lari, memasangkan huruf, dan memindahkan batu
  3. Muroja’ah dan story telling
  4. Istirahat
  5. Penutup: review dan doa kafaratul majelis

Foto-foto kegiatan ini dapat dilihat di Galeri PAUD Al-Mumtaz 15 November 2014.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>