Berbagai Kreasi Seni untuk Anak

Kegiatan hari ini mengambil tema seni untuk anak. Pertama kali, ketika anak datang, anak dipersilakan mengambil plastisin yang telah disediakan oleh guru. Anak dibebaskan untuk berkreasi menggunakan plastisin.

Setelah semua anak tiba dan berkreasi menggunakan plastisin, guru mengajak anak-anak berolah raga. Kali ini, bola menjadi alat olah raga yang dipilih. Anak-anak diarahkan untuk melempar dan menangkap bola ke/dari teman yang ditunjuk oleh guru. Wah, seru ya! Selain mengolah motorik anak, kegiatan ini juga mengakrabkan setiap anak dan lebih mengenal nama-nama teman di sekolah.

Akhirnya, kelaspun dimulai dengan story telling tentang binatang. Menggunakan boneka tangan sebagai alat peraga, cerita tentang binatang pun terasa lebih hidup. Selanjutnya, setelah diselingi istirahat, kegiatan inti tentang seni pun dilaksanakan.

1. Jepit Pompom dan Melukis

  • Persiapan: jepitan jemuran, pompom, cat air, kertas
  • Aktivitas: dorong anak untuk mengambil pompom menggunakan jepitan jemuran untuk melatih motorik halus mereka. Selanjutnya, anak dipersilahkan mencelupkan pompom yang dijepit ke cat lalu mengoleskannya ke kertas membentuk gambar yang diinginkan.

IMG-20141121-WA0006

2. Lipat dan Gambar Simetris

  • Persiapan: cat air yang telah diencerkan, kuas, kertas
  • Aktivitas: arahkan anak untuk melipat kertas menjadi dua bagian. Selanjutnya, anak menggambar di separuh sisi kertas menggunakan cat dan kuas. Terakhir, lipat kembali kertas tersebut sehingga gambar anak akan tercetak di separuh sisi yang lain.

3. Pasang Sisik Ikan

  • Persiapan: siapkan lem dan gambar ikan yang telah dipotonh sesuai bentuknya. Siapkan pula potongan-potongan kecil berbentuk setengah lingkaran yang akan difungsikan sebagai sisik ikan.
  • Aktivitas: arahkan anak untuk menempelkan potongan-potongan sisik pada ikan.

IMG-20141121-WA0005

Resume:

  1. Welcoming: kreasi plastisin
  2. Olah raga: lempar tangkap bola
  3. Pembukaan: story telling, review ushuluts tsalatsah
  4. Istirahat
  5. Kegiatan inti
  6. Penutup

Foto-foto kegiatan hari ini dapat dilihat di Galeri PAUD Al-Mumtaz 21 November 2014.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>