Menghisab Diri dengan Time Records

Masih tentang manajemen waktu, pernahkah Anda merasa waktu terbang begitu saja dan Anda kebingungan bertanya-tanya dalam hati, “Ke mana waktu pergi? Aktivitas apa yang menghabiskan waktuku hari ini?” Jika pernah, saya pun pernah merasakannya. Seorang teman memberikan tipsnya untuk memantau kegiatan hariannya agar senantiasa terjaga dan dapat dianalisis ke mana perginya waktu. Teman saya menyebutnya time recording, saya menyebutnya menghisab diri. Gambar tabel time records bisa dilihat pada artikel ini.

Jika taskinator berfungsi untuk merencanakan aktivitas dan proyek kita sehari-hari, maka time records berfungsi sebagai tabel evaluasi harian. Dari situ, dapat dilihat seberapa produktif kita hari ini. Di mana kita menghabiskan waktu hari ini? Apakah waktu yang telah berlalu kita lalu dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat atau justru sia-sia.

Dalam contoh time records di artikel ini, saya contohkan pengurutan waktu dalam rentang per jam. Jika mau, Anda dapat membuatnya menjadi per setengah jam. Isi lembaran ini setiap saat, dan Anda akan mendapatkan seberapa jauh meningkatnya produktivitas Anda setiap hari.

Time Records by paudalmumtaz.com

Time Records by paudalmumtaz.com

Berdasarkan pengalaman, metode ini cukup efektif untuk mem-boost produktivitas harian karena kita tidak ingin menuliskan catatan buruk pada lembaran tersebut. Tanpa disadari, sebenarnya hal ini bisa menjadi simulasi catatan kehidupan kita di akhirat kelak bukan? Untuk apa waktumu kauhabiskan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>