Tentang PAUD Almumtaz

Sejarah PAUD Almumtaz

Kelompok PAUD Almumtaz bukanlah sebuah sekolah formal, bukan pula sebuah yayasan. Kelompok ini merupakan salah satu program dari Komunitas Ummahat Peduli Pendidikan Anak (Komupedia), sebagai wadah bagi para ibu untuk melakukan kegiatan stimulasi bersama untuk putra/putrinya. Kelompok PAUD Almumtaz menjadi solusi bagi para pelaku homeschooling dan selainnya, yang ingin memberikan kesempatan sosialisasi bagi putra/putrinya, dengan berbagai kegiatan terarah yang sesuai dengan ilmu pendidikan anak usia dini. Stimulasi-stimulasi tersebut dirancang agar sesuai dengan usia anak, dan tentunya masih berada dalam koridor syariah yang diperbolehkan.

Dengan dasar pemikiran tersebut, terbentuklah PAUD Almumtaz dengan kegiatan pertamanya pada tanggal 5 April 2014. Agar tujuan pembentukan kelompok PAUD ini dapat terpenuhi dengan optimal, para ummahat penggagas PAUD Almumtaz menyepakati bahwa peserta PAUD dibatasi untuk anak-anak berusia 2-4 tahun.

Komunitas Ummahat Peduli Pendidikan Anak (Komupedia)

Komunitas ini merupakan perkumpulan ibu-ibu muslimah yang peduli dengan masalah pendidikan anak. Kebanyakan, anggota Komupedia berdomisili di kota Depok. Sebagian di antaranya juga merupakan anggota grup pendidikan Sunni Home Schooling (SHS) di Facebook.

Kegiatan Komupedia, pada awalnya, yaitu menyelenggarakan mini seminar rutin tentang pendidikan dan stimulasi anak sebulan sekali. Seminar-seminar tersebut diisi oleh seorang trainer dan praktisi pendidikan, Riva Nerindra Bihara. Beliau juga dikenal sebagai kepala PAUD Nailufar, Setu, Jakarta Timur. PAUD Almumtaz merupakan buah keinginan anggota Komupedia, yang tergerak untuk mempraktikkan ilmu-ilmu dalam seminar tersebut. Dengannya, peserta dapat semakin memahami materi seminar, saling mengevaluasi, bertukar pengalaman kongkret, dan mengajak putra/putrinya bersosialisasi dengan aman.

Saat ini, kegiatan seminar disubstitusi dengan kajian tentang pendidikan anak sesuai Alquran dan Sunah. Sebagai narasumber rutin, Komupedia mengundang Ustadzah Ummu Ihsan Choiriyyah al-Maidany. Beliau merupakan istri dari Ustadz Abu Ihsan al-Atsari al-Maidany, dan beliau berdua telah bersama-sama menulis buku-buku parenting dan rumah tangga Islami.

almumtaz

Kegiatan

Pada umumnya, kegiatan PAUD Almumtaz diselenggarakan sepekan sekali, yaitu setiap Rabu pukul 9.30-11.30 WIB. Kegiatan PAUD diliburkan sekali dalam sebulan untuk memberikan kesempatan kepada peserta yang ingin mengikuti seminar rutin Komupedia. Kegiatan biasa diselenggarakan di Perumahan Deluxe Residence, Tanah Baru, Depok.

Setiap pekan, para ibu bergantian untuk mengambil tanggung jawab sebagai tutor. Hal ini dimaksudkan agar setiap ibu memperoleh pengalaman praktik langsung, dan dapat menginspirasi ummahat lainnya. Materi stimulasi disesuaikan dengan rancangan kurikulum yang telah disusun bersama di awal tahun ajaran. Rancangan tersebut telah meliputi materi yang akan diberikan, serta target kemampuan yang ingin dicapai. Dengan demikian, meski materi disampaikan oleh tutor yang berbeda-beda, materi tetaplah berkesinambungan dan terarah.

 

Sarana Pendukung

Grup Whatsapp Almumtaz

Grup ini dibuat sebagai media sosialisasi tentang rencana tema dan materi kegiatan PAUD yang akan dilaksanakan setiap pekannya. Sosialisasi juga meliputi peralatan atau sarana pendukung yang dianjurkan untuk dibawa oleh partisipan PAUD, agar kegiatan berjalan lancar sepertiyang direncanakan.

Peralatan Stimulasi

Peralatan simulasi untuk kegiatan PAUD tidak lepas dari berbagai alat permainan anak dan peralatan rumah tangga yang telah dimiliki oleh para partisipan. Jika seluruh partisipan tidak ada yang dapat mengakomodasi perlengkapan yang dibutuhkan, padahal rencana stimulasi dinilai perlu untuk direalisasikan, maka PAUD Almumtaz akan mengakomodasi keperluan tersebut.

Sumber Dana

Sumber kas PAUD Almumtaz berasal dari iuran partisipan setiap bulan. Uang kas dimanfaatkan untuk penyediaan sarana/prasarana yang tidak dapat diakomodasi secara mandiri oleh partisipan dalam kegiatan PAUD setiap pekannya.

Situs Web

Situs web Almumtaz diperbarui secara berkala oleh para kontributror. Artikel-artikel tersebut merupakan karya orisinil dari para kontributor, dan PAUD Almumtaz telah memperoleh izin untuk menerbitkannya di paudalmumtaz.com

Kontributor

  1. Dian Rousta Febrianti
  2. Dwi Yuli Rahayu
  3. Kirana Reine Khanifa
  4. Miranti Pratiwi

Email
sekretariat[at]paudalmumtaz.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>